Kamis, 08 Desember 2011

Tokoh Matematika

1. Abraham De Moivre (1667-1754)


Abraham De Moivre (1667-1754) lahir di Perancis, tetapi hidup lama di Inggris, merupakan teman akrab dari Isaac Newton. Hasil tulisannya yang terkenal adalah “Annuities upon Lives”, yang berisi aturan penting dalam statistik asuransi. Doctrine of Chancesnya  berisikan banyak materi dari teori peluang, dan karyanya Miscellanea analytica yang merupakan buku seri  berisi teori peluang dan trigonometri analitik. De Moivre terkenal dengan karyanya untuk integral peluang. Dan dasar kurva frekuensi normal yang sangat penting bagi pelajaran statistika. Dinamakan rumus Stirling yang menggemparkan 
(cos x + i sin x)n = cos nx + i sin nx
Dikenal dengan rumus De Moivre dan ditemukan di setiap  buku  teori persamaan, dengan kasus dimana n adalah bilangan bulat positif. Rumus ini menjadi dasar dalam trigonometri analitik.
Hal yang lebih menarik yang sering diperbincangkan adalah mengenai kematian De Moivre. Berdasarkan cerita, diberitahukan bahwa setiap hari dia membutuhkan tidur limabelas menit lebih lama setiap malam. Ia menghitung bahwa ia akan mati pada hari ia tidur selama 24 jam.


2.   Maclaurin

Maclaurin adalah salah satu dari matematikawan yang cakap pada abad 18. Sebutan deret Maclaurin terjadi pada kasus dimana a = 0 pada deret Taylor dan sebenarnya telah diberikan oleh James Stirling  25 tahun sebelum Maclaurin menggunakannya tahun 1742. Maclaurin merupakan orang yang terkemuka dalam geometri, terutama pada kurva bidang yang lebih tinggi, dan dia menunjukkan penggunaan pangkat besar geometri klasikal pada permasalahan fisika. Diantara karyanya pada aplikasi matematika adalah pemenang penghargaan karya ilmiah pada teori pasang matematika.

3.   Leonhard Euler

 Euler lahir di Basel, Swiss pada tahun 1707, dan dia belajar matematika di bawah Johann Bernoulli. Pada 1727 ia menerima jabatan ketua matematika di St Petersburg Academy yang baru dibentuk oleh Peter Agung. Empat belas tahun kemudian ia menerima undangan dari Frederick Agung untuk pergi ke Berlin untuk mengunjungi Akademi Prusia. Setelah 25 tahun dalam jabatan ini Euler kembali ke St Petersburg, sampai kematiannya pada tahun 1783 ketika dia berumur 76 tahun.
Euler adalah seorang penulis viluminous pada matematika. Penulis paling produktif dalam sejarah; namanya melekat pada setiap cabang mata pelajaran. Menarik untuk dicatat produktivitas yang luar biasa itu tidak mengalami gangguan ketika, sekitar 1768, ia mengalami ketidakberuntungan menjadi benar-benar buta.
Pekerjaan Euler merupakan contoh formalisme yang terkemuka abad kedelapan belas, atau manipulasi, tanpa perhatian yang tepat untuk masalah konvergensi dan eksistensi matematika, formula yang melibatkan proses yang tak terbatas. Sebagai contoh, jika teorema binomial diterapkan secara formal untuk (1-2) ^-1   kita menemukan
-1 = 1 + 2 + 4 + 8 + 16 + ....,

Hasil yang menyebabkan Euler sangat keheranan. Selain itu, dengan menambahkan dua barisan,
x + x2 + ... = x / (1-x) and 1 + 1/x + 1/x2 + ... = x / (x-1)

 Euler menemukan bahwa
.....+ 1/x2 + 1/x + 1 + x + x2 + ...... = 0
Upaya yang dilakukan pada abad kesembilan belas adalah mengemukakan kekakuan dalam matematika disebabkan oleh akumulasi yang mustahil seperti ini.
Kontribusi Euler untuk matematika terlalu banyak dan, secara umum, terlalu maju untuk menjelaskan di sini, tapi kita dapat mencatat beberapa kontribusi dasar. Pertama, kita berhutang kepada Euler dari notasi konvensional.
eix = cos x + i sin x

Merupakan rumus Euler yang sangat luar biasa. Dalam salah satu hasil karya yang lebih kecil terjadi hubungan
V – E + F = 2
Sudah diketahui Descartes, menghubungkan jumlah puncak V, E titik, dan wajah F dari setiap polyhedron tertutup sederhana. Dalam tulisan lain ia menyelidiki kurva orbiform, atau kurva yang seperti lingkaran, yang cembung oval dengan lebar konstan. Beberapa karyanya yang dikhususkan untuk hiburan matematika, seperti unicursal dan grafik multicursal (terinspirasi oleh tujuh jembatan Konigsberg), jalan ksatria kembali peserta di papan catur, dan kotak Graeco Latin. Dia juga menerbitkan banyak buku di bidang matematika terapan, khususnya untuk teori bulan, masalah tiga-tubuh mekanika langit, daya tarik ellipsoids, hidrolik, kapal-bangunan, artileri musik., dan teori
Euler adalah seorang penulis buku teks yang hebat, di mana ia menyajikan materi dengan sangat jelas, detail, dan lengkap. Sampai hari ini hasil karyanya sangat menarik dan bermanfaat.  tidak  heran begitu banyak matematikawan besar datang setelah dia telah mengakui hutang mereka kepadanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar